Jumat, 28 Desember 2018

Ansor Jatirejo Resmi Launching Kedai Kopi “Sorban”

Ansor Ampelgading - Kamis 27/12/18 ketua pimpinan ranting gerakan pemuda ansor desa Jatirejo M. Khafif Tabarok melalui kepala satuan koordinasi kelompok banser (satkorkel banser) Qomarudin.SE bersama pengurus harian dan anggotanya resmi membuka warung angkringan yang diberi nama kedai kopi “Sorban” jatirejo. Launching warung atau caffe kopi yang terletak di Jalan Raya Jatirejo Km 1 Kecamatan Ampelgading ini dihadiri ketua pimpinan cabang gerakan pemuda ansor kabupaten pemalang sahabat Mahfudin S.Ag, pimpinan anak cabang gp ansor ampelgading sahabat Asrofik. SE dan juga sahabat Imam Nugroho,S.Pd.I selaku kepala satuan koordinasi rayon banser kecamatan Ampelgading. 


Keberadaan kedai kopi sorban yang dibuka mulai pukul 16.00 wib sampai dini hari ini. Menyediakan berbagai menu makanan dan minuman tradisional hingga kekinian diantaranya, mie special, kopi lelet, jahe alang-alang dan masih banyak menu lainnya yang disediakan. Launching ini sekaligus syukuran atas kelulusan sembilan anggotanya yang mengikuti pelatihan kepemimpinan dasar (PKD) serta pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) banser di klareyan petarukan kemarin. Dilanjutkan penyerahan seragam banser oleh kepala satuan koordinasi banser jatirejo sahabat Qomarudin.SE serta doa bersama oleh Ustadz Makhrus (salah satu dewan assatid pondok pesantren Al-Islah kebagusan).

Kepala satuan koordinasi rayon banser kecamatan ampelgading Imam Nugroho, S.Pd.I menyambut haru dan bahagia atas kelulusan anggota ansor banser jatirejo yang telah lulus ikut pengkaderan kemarin yang sudah merelakan waktu, jiwa dan raganya berkhidmah untuk Nahdlatul Ulama melalui ansor banser. Kedepan semoga bisa bermanfaat kepada masyarakat banyak, tidak hanya dikalangan NU tetapi dengan sesama manusia maupun makhluk yang lain seperti hewan, tumbuhan dan seisi alam (rahmatan lil 'alamin)  untuk menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia (NKRI).

Sahabat Mahfudin S.Ag selaku ketua pimpinan cabang gerakan pemuda ansor kabupaten pemalang juga menambahkan bahwa bukan hanya mengorbankan waktu dan tenaga, pikiran, tetapi juga sebagian rizqi yang kita dapatkan dari hasil jerih payah kerja kita itu juga digunakan untuk membiayai administrasi dan juga kalau nanti sahabat-sahabat sudah bergabung dengan ansor banser, ketika ada hajat bersama, maka tidak akan terlepas dari persoalan-persoalan termasuk kelengkapan pakaian, kelengkapan yang lainnya. Ketika ada kegiatan-kegiatan ini juga butuh uluran tangan dari sahabat-sahabat sekalian, sehingga beliau mengapresiasi sahabat-sahabat ansor banser jatirejo baik yang senior maupun yang baru masuk kemarin. 

Keberadaan kedai kopi sorban diharapkan selain untuk salah satu sumber pendapatan ansor ranting, juga digunakan sebaik-baiknya untuk silaturohim dan konsolidasi kader serta memenuhi kebutuhan masyarakat umum yang suka ngopi ataupun acara lainnya. Ini merupakan langkah awal yang sangat baik bagi kita bersama khususnya ansor di jatirejo ampelgading, dengan semakin banyaknya kader yang masuk, ini semakin membuktikan bahwa ansor jatirejo yang senior exsistensinya itu jelas-jelas ada dengan konsolidasi dilakukan, dan ada penambahan anggota, ini tidak semua bisa dilakukan oleh semua pengurus ranting atau semua pimpinan anak cabang. Sehingga Jatirejo ini kalau proses pada saat ini bisa berjalan dengan baik. 

Sudah ada peternak lelenya, sudah ada kedai kopinya, sudah ada usaha online-nya walaupun mengatasnamakan pribadi, tapi sahabat edie (yang usaha atribut online) sering melaporkan bahwa sebagian penghasilan disisihkan untuk ansor ranting bahkan pac, hal ini ketika dipublikasikan dimedia sosial, di NU-Online maupun dimedia cetak ini akan menjadi perbincangan semua tingkatan  pimpinan yang ada. Ini juga akan menjadi pilot projek dipimpinan cabang ketika ansorbanser jatirejo berhasil membuktikan dirinya bahwa ansor banser bukan hanya bisa pengamanan, bukan hanya bisa mengawal kyai, bukan hanya bisa mengawal pengajian, tapi bisa menggali potensi-potensi yang ada di jatirejo. 

Baik dari segi keilmuan, ekonomi, maupun yang lain dan ini sungguh luar biasa, kami memberi apresiasi buat sahabat-sahabat sekalian. Mudah-mudahan hal yang seperti ini bisa dilakukan oleh ranting-ranting yang lain, imbuh sahabat Mahfudin. (Edi Erwanto)

SHARE THIS

Admin :

Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan yang berwatak kerakyatan. Gerakan Pemuda Ansor atau disingkat GP Ansor adalah badan otonom dibawah Nadhatul Ulama (NU). Email : ansorampelgading@gmail.com

6 komentar:

  1. KEDAI KOPI SORBAN JATIREJO
    Jl. Raya Jatirejo, Pagilaran, Jatirejo, Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52364
    Lokasi map klik tautan dibawah ini:
    https://maps.app.goo.gl/4Y6E9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus